Pada tahun 2023

Ditlantas  bakal Tambah 70 Unit Kamera ETLE Statis 

ETLE di Jalan Asia Afrika

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menerima 70 unit kamera Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) statis yang difungsikan untuk menindak pelanggar lalu lintas di ruas jalan DKI Jakarta.Kasie Laka Lantas Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Edi Purwanto menerangkan, 70 unit kamera ETLE merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta."Insyaallah nanti tahun 2023 ada realisasi hibah dari Pemprov DKI Jakarta sebanyak 70 kamera ETLE statis," kata dia dalam diskusi bertajuk 'Seberapa efektif e-TLE pasca penghapusan tilang manual?' yang digelar Forum Wartawan Polri di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2022).Edi menyebut, kamera ETLE akan dipasang di titik-titik yang belum terjangkau kamera E-TLE statis.

"Nanti akan dipasang di lokasi yang sekiranya saat ini belom tercover kamera ETLE statis yang sudah terpasang," ujar dia.Edi menyebut, saat ini ada 57 kamera ETLE statis yang tersebar di pelbagai ruas jalan DKI Jakarta. Adapun jenis terbagi menjadi dua yaitu kamera ETLE cekpoint dan kamera ETLE E-Police."Bedanya ada pada kemampuan mencapture daripada pelanggaran. ETLE cek point mengambil gambar dengan jenis pelanggaran seperti melanggar ganjil-genap, atau tidak menggunakan sabuk saat berkendara. Sedangkan, ETLE E-police terpasang di traffic light mampu mengambil jenis pelanggaran seperti marka jalan," ujar dia.

Selain itu, Edi menyebut, Direktorat Lalu Lintas saat ini tengah mengembangkan ETLE mobile. Rencananya ada 10 ETLE mobile yang diluncurkan pada 6 Desember 2022 mendatang."Saat ini kami baru merealisasikan InsyaAllah 10 ETLE mobile yang baru siap 1 unit. Yang baru tahap perangkaian yaitu ada 9 unit ETLE," ujar dia.Lebih lanjut, Edi menerangkan, pihaknya juga berencana menggunakan ELTE portable. Adapun, bentuknya mirip seperti tripod.

Terkait hal ini, Ditlantas Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta."Beberapa bulan yang lalu saya juga sempat diskusi dengan rekan-rekan Dishub bagaimana untuk penindakan parkir liar, jalur sepeda, dan nanti akan kami tempatkan juga ETLE portable dalam bentuk tripod," ujar dia.Edi mengatakan, pada tahap awal akan di sediakan satu atau dua unit ETLE dengan bentuk tripod. Sehingga, Polantas yang bertugas bisa lebih fokus mengatur lalu lintas."Tinggal ditempatkan di situ. Polisi sambil mengatur, nanti sudah merekam sendiri." ucap dia. Hal ini, kata dia telah dibahas bersama tim IT Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya."Tadi kami sudah koordinasi dengan tim IT-nya," tandasnya. (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar